Headline Post

TASAKU: Nabung tidak selalu di Bank, di Minimarket pun Bisa



Menabung adalah salah satu hal terpenting untuk persiapan keuangan di masa mendatang. Semua kiranya sepakat akan hal itu. Meskipun begitu Kebiasaan menabung kadang masih menjadi identitas yang dekat dengan kemewahan kemapanan finansial. Kebiasaan menabung memang telah diajarkan di bangku sekolah namun tetap saja kebiasaan menabung masih identik dengan kecukupan atau kemapanan finansial.

Maka kadang ketika seseorang memutuskan menabung seringkali harus punya uang dengan jumlah sekian dari total pendapatan. Sekiranya belum cukup dan dirasa masih ada kebutuhan yang lebih utama, pertimbangan untuk menabung akan menjadi kebutuhan terakhir ketika semua kebutuhan  lain terasa tercukupi. Anggapan-anggapan seperti masih jamak ditemui di masyarakat, khususnya masyarakat bawah. Karena orang akan menabung ketika ia sudah punya penghasilan sendiri.

Lalu bagaimanakah kiranya menabung tanpa harus memikirkan harus punya uang sekian, punya penghasilan sekian dan menyesuaikan kebutuhan?. Agaknya sulit menabung tanpa perlu memikirkan dahulu hal-hal demikian, bukan?xixixixi.

Karena banyak bank yang justru menyediakan sistem yang dirasa masih memihak bank itu sendiri. Belum ada bank yang mampu melihat keresahan yang banyak dialami masyarakat awam, khususnya menengah ke bawah menjadi peluang untuk menyediakan sebuah metode nabung yang ramah nasabah.  

Menabung di era digital seperti sekarang agaknya diperlukan sebuah sistem yang lebih fleksible, tidak kaku, ribet dan kekinian. Selain lebih kekinian dan menjawab keresahan. Menabung model seperti ini mampu menjangkau lebih banyak nasabah baru. Bahkan mungkin kalangan anak muda yang mungkin memang belum punya penghasilan tetap bisa menata masa depan dengan lebih baik.


Agaknya peluang itu dibaca apik oleh PT Bank Sahabat Sampoerna atau akrab dengan Bank Sampoerna. Sebuah pilot project produk bernama TASAKU menjawab semua itu. Sebuah tabungan cerdas yang menurut saya sangat ramah nasabah, friendly untuk anak kekinian. Selain itu mampu mendorong pertumbuhan ekonomi lebih rata ke bawah.  



Apakah Tabungan TASAKU itu?
Sebelum menjawab itu semua perlu diketahui, TASAKU adalah singkatan dari Tabungan Sampoerna-AlfamartKu. Sebuah tabungan yang lahir dari dua bidan yang menanganinya. Pertama PT Bank Sahabat Sampoerna dan kedua PT Alfaria Trijaya Tbk dan PT Midi Utama Indonesia Tbk (jaringan Alfamart dan Alfamidi). Kombinasi dari dua nama perusahaan tersebut lahirlah tabungan TASAKU.

Tabungan TASAKU adalah salah satu bentuk dukungan nyata Bank Sampoerna dalam progran LAKU PANDAI pemerintah selama ini. Yaitu sebuah Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif. Sebuah program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk penyediaan layanan perbankan atau layanan keuangan lainnya melalui kerja sama dengan pihak lain (agen bank), dan didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi.

Maka pada 27 Oktober 2016 kemarin saya bersama teman-teman TDB, Tau Dari Blogger berkesempatan hadir dari jauh untuk ikut menyemarakkan Grand Launching TASAKU yang resmi digelar di Surabaya. Meskipun tidak secara langsung berada di Surabaya (karena kami berada di Jakarta) suasana program TASAKU diterima baik dan mendapat sambutan yang luas di Surabaya.



TASAKU sebenarnya sudah berjalan dari tahun 2015 silam. Dan sekarang telah tumbuh pesat dengan 9000 nasabah yang dilayani di 25 Alfamart dan 10 Alfamidi di Surabaya dan Sidoarjo. Kebetulan TASAKU adalah program tabungan yang sekarang tersedia di wilayah Surabaya dan Sidoarjo. Tidak menutup kemungkinan akan merambah ke daerah lain ke depannya.

Keistimewaan produk TASAKU
Seperti yang saya bilang bahwa TASAKU menjawab keresahan,khususnya kalangan ekonomi bawah. TASAKU merupakan produk tabungan sederhana, mudah dipahami dan sesuai kebutuhan masyarakat yang belum dapat jangkauan layanan keuangan. Hal ini senada dengan penjelasan Direktur Utama Bank Sampoerna, Ali Rukmijah.

“Banyak anggota masyarakat yang belum mengenal, menggunakan atau belum terbiasa mendapatkan layanan perbankan dan layanan keuangan karena bertempat di lokasi yang jauh dari kantor bank atau adanya biaya atau persyaratan yang memberatkan. Sangat tepat jika bank Sampoerna menggandeng Alfamart dan Alfamidi lewat produk TASAKU ini” ungkapnya.



Beberapa keunggulan produk TASAKU menurut saya sangat mempermudah. Tabungan dengan model transaksi yang dilakukan di Alfamart menurut saya poin yang paling menonjol dan berani. Mengapa saya bilang begitu. Alfamart yang identik dengan belanja menghabiskan duit bisa disandingkan dengan kebiasaan yang sebaliknya, menabung. Itu adalah sesuatu yang konyol namun juga tantangan yang memikat ke depannya.

Merangkul minimarket sekelas Alfamart memang sangat menguntungkan karena begitu dekat dengan konsumen (baca: nasabah) dan tentu sangat easy going untuk didatangi tanpa ribet harus ke kantor bank. Belum banyaknya jaringan ritel toko sejuta umat ini, ke depannya menjadi pasar baru bagi produk TASAKU ini untuk tumbuh dengan habitat baru yang kekinian dan dekat dengan nasabahnya. Pilihan yang cerdas tentunya.


Namun tentunya juga resiko-resiko perbankan juga semakin besar ketika masuk wilayah ritel seperti ini. Seperti kita ketahui ritel sebangsa Alfamart dan lainnya tak luput dari keamanan yang cukup untuk tindak perampokan. Apalagi layanan 24 jam non stop konsumen yang selanjutnya nasabah juga menjadi perhitungan tersendiri. Itu mungkin resiko utamanya. Yaah paling tidak dengan sistem digital seperti sekarang hal-hal seperti itu dapat diminimalisir, utamanya data nasabah.

Transaksi tabungan TASAKU bisa dilakukan di seluruh Alfamart dan Alfamidi yang terpasang stiker logo SAKU. Selain itu proses pembukaan tabungan mudah dan cepat. Bebas biaya administrasi tabungan. Dan tentu dijamin oleh LPS, Lembaga Penjamin Simpanan.

Ada yang paling unik yaitu tidak ada minimal setoran. Gillaa... jadi nasabah dapat menabung dengan uang semampunya, bebas mau berapapun. Bahkan sisa uang receh pengembalian belanja bisa ditabung. Jadi nggak ada alasan klasik nabung karena ngga punya uang. Sekarang diganti semua bisa nabung yang penting punya kemauan alias niat.

Tabungan seperti ini layak disambut dengan suka cita. Karena sangat menarik dan menguntungkan, khususnya  masyarakat yang berprofesi sebagai pedagang kaki lima, pekerja kasar, ibu rumah tangga dan tentu mahasiswa yang tak kalah penting. Meskipun masih nyadong dari orang tua uang jajan bisa ditabung juga.

Cara Mendafatar TASAKU
Bagi kita-kita yang ingin menabung TASAKU sangat mudah. Tentunya mereka yang di Surabaya dan Sidoarjo sudah saatnya mencoba tabungan TASAKU ini.

Nasabah Baru
Pendaftaran Calon Nasabah


Sekalian belanja datang saja ke Alfamart atau Alfamidi terdekat yang ada tanda atau logo agen tabungan SAKU lalu coba daftar jadi nasabah TASAKU. Atau kalau ingin informasi terlebih dahulu juga bisa, karena pelanggan akan diberikan starter kit tabungan TASAKU (gratis).

Setelah yakin lakukan saja registrasi dengan mengisi formulir pendaftaran yang ada. Atau buka aplikasi tabungan SAKU BSS masuk ke dalam menu registrasi. Ikuti petunjuk di dalamnya saja. Jika proses resgistrasi berhasil dalam dua hari ke depan akan ada notif rekening telah aktif. Maka pada saat yang sama kita sudah resmi jadi nasabah TASAKU dan siap menabung dengan bebas kapanpun kita mau. Selamat mencoba....Mari Menabung demi masa depan.


Saya dan Temen2 TDB 


1 Komentar untuk "TASAKU: Nabung tidak selalu di Bank, di Minimarket pun Bisa"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel